Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
img

X-37B AU AS 700 Hari Mengitari Bumi dengan Misi Misteriusnya

/
/

X-37B AU AS 700 Hari Mengitari Bumi dengan Misi Misteriusnya. Pesawat luar angkasa militer X-37B Angkatan Udara AS kini telah mengitari Bumi selama 700 hari, namun belum terungkap apa misinya.

News, Jakarta – Pesawat luar angkasa militer Angkatan Udara AS X-37B kini telah mengitari Bumi selama 700 hari. Hanya 18 hari di bawahr ekor durasi penerbangan luar angkasa kendaraan itu sebelumnya.

Pesawat tanpa awak X-37B diluncurkan pada misi kelima dan terbarunya, yang dikenal sebagai Orbital Test Vehicle 5 (OTV-5), pada 7 September 2017. Pesawat ruang angkasa yang dapat digunakan kembali dan terlihat seperti versi miniatur dari pesawat ulang-alik NASA ini, telah menjelajahi planet kita sejak saat itu.

Apa yang dilakukan X-37B di luar angkasa, belum banyak yang terungkap. Misi pesawat ruang angkasa bertenaga surya dan sebagian besar muatannya ini, tetap rahasia. Angkatan Udara AS cenderung berbicara tentang program X-37B secara umum, menekankan bahwa pesawat ruang angkasa ini sedang menguji teknologi untuk pesawat ruang angkasa yang dapat digunakan kembali di masa depan.

Yang diketahui hanya beberapa detail OTV-5. Sebagai contoh, para pejabat Angkatan Udara telah mengungkapkan bahwa muatannya termasuk percobaan Penyebar Panas Termal Tertanam secara Struktural (ASETS-II), yang mengukur bagaimana kinerja isolasi pipa panas dan elektronik tertentu di lingkungan ruang.

Angkatan Udara memiliki setidaknya dua kendaraan X-37B, yang keduanya dibangun oleh Boeing. Setiap pesawat luar angkasa memiliki panjang  8,8 meter dan tinggi 2,9 m, dengan lebar sayap hampir 4,6 m dan palka muatan seukuran bak truk. Seperti pesawat ulang-alik, X-37B diluncurkan secara vertikal dan mendarat di landasan seperti pesawat.

Misi X-37B pertama, OTV-1, diluncurkan pada April 2010 dan berakhir pada Desember setelah 224 hari di luar angkasa. OTV-2 berlangsung dari Maret 2011 hingga Juni 2012, mencapai 468 hari penerbangan orbital. Misi OTV-3 675-hari diluncurkan pada Desember 2012 dan mendarat pada Oktober 2014, dan OTV-4 berakhir pada Mei 2017 setelah 718 hari.

Masing-masing misi X-37B sebelumnya telah bertahan lebih lama dari pendahulunya. Jadi OTV-5 mungkin masih akan mengangkasa setidaknya 19 hari lagi untuk memecahkan rekor durasi OTV-4.  

LIVESCIENCE

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar