Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
img

Layanan SMS dan Telepon XL di Papua Terganggu karena Pemadaman Listrik

/
/

Layanan SMS dan Telepon XL di Papua Terganggu karena Pemadaman Listrik. XL Axiata mengatakan tidak dengan sengaja memutus komunikasi lewat jaringan selulernya di Jayapura. Bukan karena perintah pemblokiran dari pemerintah.

News – Layanan seluler XL Axiata mengalami gangguan menyusul aksi massa di Jayapura, Papua, yang masih berlangsung hingga pagi ini, Jumat (30/8/2019).

Namun, operator seluler tersebut mengatakan tidak dengan sengaja mematikan jaringan telepon maupun SMS. Gangguan disebabkan oleh faktor lain, yakni aliran listrik yang terputus.

“Tidak terhubungnya SMS dan telepon dikarenakan beberapa BTS mengalami pemadaman listrik di area Jayapura,” ujar Tri Wahyuningsih, Group Head Corporate Communication XL Axiata, melalui keterangan tertulis kepada NewsTekno.

Internet di Papua Dimatikan, Apa Kabar Trafik XL?

XL tidak menjelaskan BTS mana saja persisnya di Papua yang terdampak oleh pemadaman listrik. Namun, disebutkan bahwa BTS yang aliran listriknya tidak putus masih bisa beroperasi seperti biasa.

Upaya untuk mengembalikan layanan agar berfungsi normal akan dilakukan begitu akses ke lokasi dibuka dan situasi keamanan mulai kondusif.

“Tim kami di lapangan akan segera memobilisasi genset (untuk BTS) agar layanan dapat kembali normal,” ujar Ayu.

Tak ada kebijakan pemutusan

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan tidak ada kebijakan pemutusan sementara layanan suara di Papua, hanya layanan data internet saja yang dibatasi.

“Yang terjadi di Jayapura, ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel yang mengakibatkan matinya seluruh layanan telekomunikasi di beberapa wilayah Jayapura,” demikian pernyataan resmi Rudiantara.

Telkomsel, didukung dengan pengamanan dari POLRI/TNI, juga sedang berusaha untuk memperbaiki kabel yang diputus atau melakukan pengalihan trafik, agar layanan suara dan SMS bisa segera difungsikan kembali.

Jumat Pagi, Layanan Seluler di Jayapura Masih Gangguan

Selain layanan telekomunikasi, gerai Telkomsel GraPARI Jayapura juga dikatakan belum bisa beroperasi hingga waktu yang belum ditentukan. 


 

Pihak Telkomsel memastikan akan terus mengawasi kondisi di lapangan dengan aparat terkait untuk menjaga karyawan serta alat-alat telekomunikasi Telkomsel dalam keadaan aman. 

Aksi massa buntut dugaan tindak rasisme kepada mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang beberapa waktu lalu masih berlangsung hingga pagi ini, Jumat (30/8/2019) di Jayapura.

Aksi ini dikabarkan menyebabkan kerusakan sejumlah fasilitas umum. Massa membakar beberapa gedung, seperti kantor Telkom, kantor pos, SPBU, dan kantor Majelis Rakyat Papua (MRP) yang berlokasi di Jalan Raya Abepura.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar