Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
img

7 Fitur Kamera Ini Perlu Dimiliki oleh Setiap Smartphone di 2019!

/
/

7 Fitur Kamera Ini Perlu Dimiliki oleh Setiap Smartphone di 2019!. Mulai dari mode malam hingga perekaman 4K/60fps

Jika berbicara mengenai, bagian paling penting dalam sebuah smartphone, kamera menjadi salah satu yang paling penting. Kamera smartphone sendiri, tidak hanya berkutat di resolusi atau megapiksel-nya saja, namun juga teknologi yang menyertainya.

Di tahun 2019 ini, ada banyak teknologi kamera baru yang datang seperti mekanisme kamera putar dan optical zoom. Oleh karena itu, teknologi/fitur kamera smartphone harus terus berkembang dan berikut beberapa yang harus dimiliki oleh tiap smartphone di 2019.

1. Night Mode

7 Fitur Kamera Ini Perlu Dimiliki oleh Setiap Smartphone di 2019!

Google, Huawei, OnePlus dan Xiaomi telah terlebih dahulu mengenalkan fitur night mode atau mode malam di tahun 2018, yang kemudian diikuti oleh berbagai brand lain seperti Asus, Motorola dan Samsung di tahun ini. Night Mode sendiri menggunakan teknik penumpukan gambar dan machine learning untuk meningkatkan kualitas gambar yang diambil di kondisi minim cahaya. Ini jelas menjadi salah satu fitur wajib yang harus ada di smartphone baru di masa depan, dengan beberapa peningkatan tentunya, seperti bisa digunakan di kamera selfie, alih-alih kamera belakang saja.

2. Mode pro/manual

7 Fitur Kamera Ini Perlu Dimiliki oleh Setiap Smartphone di 2019!

Selanjutnya ada fitur yang bisa dipastikan telah ada di hampir semua smartphone saat ini dan perlu dipertahankan. Itu adalah mode pro/manual, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur sejumlah pengaturan fotografi seperti ISO, exposure, shutter speed dan masih banyak lagi.

Sayangnya, Apple dan Google, tidak menyertakan fitur ini di smartphone andalan mereka seperti iPhone dan Pixel. Namun, dengan seri iPhone dan Pixel terbaru yang akan muncul dalam waktu dekat, besar harapan untuk melihat Apple dan Google, menawarkan fitur ini untuk pertama kalinya.

3. Perekaman 4K di 60fps untuk flagship

7 Fitur Kamera Ini Perlu Dimiliki oleh Setiap Smartphone di 2019!

Perekaman video di resolusi UHD/4K telah menjadi pilihan untuk beberapa smartphone flagship dari Sony dan Samsung, sejak tahun 2012. Dan kini, fitur ini makin berkembang dengan menawarkan kemampuan 4K/60fps dari banyak brand seperti Asus, LG, OnePlus dan Xiaomi.

Sayangnya, fitur ini tidak benar-benar dibawa oleh semua smartphone flagship di tahun 2019 ini, di mana banyak di antaranya masih menawarkan pilihan di 4K/30fps atau 1080p/60fps. Beberapa yang dimaksud seperti smartphone Huawei dengan chipset Kirin 980 dan semua seri Pixel dari Google.

4. Hybrid zoom

7 Fitur Kamera Ini Perlu Dimiliki oleh Setiap Smartphone di 2019!

Huawei dan Oppo menjadi aktor utama di balik datangnya teknologi zoom menakjubkan di tahun ini, melalui kamera periscope dengan kemampuan zoom hingga 5x yang mana itu sangat luar biasa. Di samping itu, teknologi hybrid zoom yang menggabungkan kekuatan software dan hardware, juga diharapkan untuk segera hadir di banyak smartphone di masa depan. Google bahkan telah mengimplementasikan fitur ini – yang mereka sebut sebagai Super Res Zoom – ke dalam Pixel 3a mereka, yang notabene merupakan smartphone terjangkau seharga Rp5,6 juta saja.

5. Kamera selfie dengan auto-focus

7 Fitur Kamera Ini Perlu Dimiliki oleh Setiap Smartphone di 2019!

Tidak banyak yang mengetahui bahwa fitur sepele namun penting seperti auto-focus di kamera selfie, nyatanya belum dimiliki oleh banyak smartphone kelas atas seperti Huawei P30 Pro atau OnePlus 7 Pro. Padahal, fitur ini sangatlah penting terutama bagi mereka yang gemar melakukan grup selfie, dan ingin fokus yang pas untuk hasil selfie yang lebih baik. Untungnya, fitur ini telah dibawa oleh Samsung dan Google di beberapa smartphone mereka dan terdapat harapan yang sangat besar agar langkah tersebut diikuti oleh berbagai brand besar lain.  

6. Auto HDR

7 Fitur Kamera Ini Perlu Dimiliki oleh Setiap Smartphone di 2019!

HDR telah menjadi fitur kamera andalan bagi banyak smartphone selama bertahun-tahun, yang sayangnya perkembangannya kurang begitu merata. Salah satu satu contohnya adalah perkembangan auto-HDR yang sejauh ini masih digunakan di beberapa brand saja seperti Google, Samsung, Vivo dan Xiaomi.

Sementara brand seperti Huawei dan Sony, entah karena alasan apa, sejauh ini belum memasukkan fitur ini ke dalam smartphone mereka, dengan memilih untuk menjadikan HDR sebagai fitur dengan kontrol manual. Semoga saja, ini segera di bawah di smartphone mereka di masa mendatang.

7. OIS (Optical Image Stabilisation)

7 Fitur Kamera Ini Perlu Dimiliki oleh Setiap Smartphone di 2019!

Yang terakhir yang tidak kalah penting adalah Optical Image Stabilisation atau yang bisa disingkat sebagai OIS. Ini didefinisikan sebagai fitur untuk meminimalisir goyangan ketika mengambil foto. Tak hanya itu, ini juga dapat meningkatkan kualitas video yang direkam melalui smartphone.

Tanpa adanya fitur ini, setiap pergerakan sekecil apapun itu, akan berpengaruh terhadap proses pengambilan foto/video dan menghasilkan gambar/rekaman yang kurang memuaskan. Oleh karena itu, ini menjadi fitur yang sangat penting dan wajib ada di semua smartphone generasi saat ini.

Itulah tadi ulasan atau opini mengenai fitur-fitur kamera yang wajib dimiliki oleh semua smartphone di 2019. Kalau kamu punya pendapat lain, jangan malu-malu untuk menyuarakannya di kolom komentar.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar