Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
img

7 Aplikasi Offline Ini Wajib Dimiliki oleh Para Pencinta Alam

/
/

7 Aplikasi Offline Ini Wajib Dimiliki oleh Para Pencinta Alam. Buat kamu yang sering bepergian ke alam liar

Bagian yang penting untuk merencanakan perjalanan di alam liar adalah persiapan segala keperluan. Jika dulu para pencinta alam harus membawa banyak peralatan, kini sudah tidak perlu repot-repot lagi. Ini karena banyak fungsi yang bisa dijalankan oleh handphone. Misalnya kompas, peta, dan lain-lain. 

Namun yang sering menjadi masalah adalah sulitnya mendapatkan sinyal di alam liar, apalagi jika kita berada di hutan. Tenang saja, kamu hanya perlu memanfaatkan aplikasi offline atau aplikasi yang bisa berjalan walaupun tidak tersambung internet. 

Kira-kira apa saja aplikasi offline yang diperlukan untuk petualangan outdoor? Simak berikut ini!

1. First Aid

7 Aplikasi Offline Ini Wajib Dimiliki oleh Para Pencinta Alam

Seperti namanya, First Aid adalah aplikasi yang menyediakan berbagai informasi pertolongan pertama untuk keadaan darurat. Ada berbagai macam masalah kesehatan yang yang terdapat di dalam referensinya. Lengkap pula dengan cara pengobatan dan jenis obat apa yang dibutuhkan. Misalnya untuk asma, cedera, tenggelam, dan lain-lain. Tidak hanya itu, First Aid juga mampu memindai lokasimu dan menunjukkan di mana fasilitas medis terdekat. 

2. Digital Compass

7 Aplikasi Offline Ini Wajib Dimiliki oleh Para Pencinta Alam

Secara umum handphone Android maupun iPhone sudah dilengkapi dengan fitur kompas. Namun jika belum, kamu sebaiknya mengunduh Digital Compass terlebih dahulu sebelum bepergian.

Aplikasi tersebut bisa membantu mengarahkanmu ke arah yang benar walaupun sedang tidak tersambung dengan internet. Fitur lain yang dimilikinya adalah penunjuk ketinggian permukaan, alamat, dan juga peta. 

3. Offline Survival Manual

7 Aplikasi Offline Ini Wajib Dimiliki oleh Para Pencinta Alam

Ini adalah buku manual yang sangat bermanfaat untuk petualangan di alam liar. Ia menyimpan seluruh prosedur yang kamu butuhkan dengan sangat lengkap. Mulai dari bagaimana caranya membuat api, mendirikan tenda, cara mencari air, penanganan jika tersengat racun hewan, dan masih banyak lagi. 

Yang membuatnya lebih praktis adalah, semua hal terbagi menjadi topik-topik tertentu sehingga kamu tidak perlu repot mencarinya. Offline Survival Manual sangat cocok untuk pencinta alam, terutama untuk kamu yang tergolong masih pemula. 

4. ViewRanger

7 Aplikasi Offline Ini Wajib Dimiliki oleh Para Pencinta Alam

Untuk kamu yang sering mendaki atau bersepeda di gunung, kamu harus mengunduh ViewRanger. Aplikasi ini menyediakan berbagai rute yang bisa kamu eksplor. Setelah mencari rute mana yang ingin kamu ikuti, cukup download untuk digunakan secara oflline

Tenang saja, kamu tidak perlu takut tersesat karena jalur tersebut yang umum digunakan para profesional. Fitur lain yang tak kalah menarik adalah ia menyediakan augmented reality untuk mengidentifikasi setiap gunung yang ada di sekitarmu. 

5. Locus Map

7 Aplikasi Offline Ini Wajib Dimiliki oleh Para Pencinta Alam

Locus Map adalah aplikasi peta offline yang cocok untuk kamu, para pencinta alam. Selain peta, ia menyediakan katalog rute yang bisa dilewati untuk mendaki, bersepeda, atau aktivitas lainnya. Kamu bisa merencanakan rutemu terlebih dahulu sebelum bepergian.

Locus Map juga akan menyediakan informasi yang kamu butuhkan, termasuk ketinggian tempat, lokasi, dan jarak dari lokasimu ke tempat tersebut. Fitur lain yang tak kalah menarik adalah adanya field note bawaan, parking assistant, hingga pelacakan lokasi secara live.

6. PeakFinder AR

7 Aplikasi Offline Ini Wajib Dimiliki oleh Para Pencinta Alam

Kamu berencana untuk mendaki hingga ke puncak gunung di akhir pekan ini? Kamu harus download PeakFinder AR dulu sebelum berangkat. Aplikasi ini bisa memastikan kamu tidak melewati lokasi tujuanmu. 

Seperti namanya, ia dilengkapi dengan fitur AR, kamu hanya perlu mengaktifkan kamera bawaannya dan arahkan ke gunung yang ada di sekitarmu. Aplikasi ini akan memberikan label keterangan nama dan ketinggian puncak tersebut. Ia juga bisa berfungsi sebagai teleskop digital yang membantumu melihat hal yang kurang menonjol di lokasimu.

7. Sky Guide

7 Aplikasi Offline Ini Wajib Dimiliki oleh Para Pencinta Alam

Salah satu aktivitas outdoor yang tak boleh terlewat ketika sedang camping adalah mengamati langit malam. Kamu akan menemukan bintang-bintang dan benda angkasa lain yang tidak bisa kamu lihat di kota. Namun jika kamu pemula, kamu akan kesulitan untuk mengidentifikasi benda langit tersebut. 

Cukup download Sky Guide, aplikasi yang bisa membantu memelajari langit malam. Cukup arahkan kamera bawaannya ke langit, ia akan secara otomatis menyesuaikan tampilan. Setelah proses selesai, Sky Guide akan menampilkan informasi mengenai benda langit yang kamu temukan. 

Gimana, sudah download semuanya? Sekarang kamu jadi lebih siap deh untuk beraktivitas di alam liar!

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar