Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
img

Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Demo Raden Fatahillah Yahudi

/
/

Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Demo Raden Fatahillah Yahudi . TEMPO.CO, Jakarta- Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang Fatahillah Yahudi. Warga Demak melakukan aksi memprotes pernyataan Budayawan Betawi Ridwan Saidi yang menyatakan bahwa Raden Fatahillah seorang Yahudi. Aksi tersebut digelar sore ini pukul 15.30 WIB, Rabu, 4 September 2019 di Alun-alun Demak.

News, Jakarta – Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang warga Demak melakukan aksi memprotes pernyataan Budayawan Betawi Ridwan Saidi bahwa Raden Fatahillah seorang Yahudi. Aksi tersebut digelar Rabu, 4 September 2019 di Alun-alun Demak.

Selain itu, langit pada September 2019 diwarnai dua hujan meteor yang bisa disaksikan di wilayah Indonesia. Juga, Pemerintah secara bertahap membuka blokir atas layanan data internet di wilayah Papua dan Papua Barat mulai Rabu, 4 September, 23.00 WIT.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno:

1. Didemo Soal Raden Fatahillah Yahudi, Ini Tanggapan Ridwan Saidi

Warga Demak melakukan aksi memprotes pernyataan Budayawan Betawi Ridwan Saidi yang menyatakan bahwa Raden Fatahillah seorang Yahudi. Aksi tersebut digelar  Rabu, 4 September 2019 di Alun-alun Demak.

“Melawan penyelewengan sejarah oleh Ridwan Saidi yang mengatakan bahwa Raden Fattah dan Sultan Trenggono adalah seorang yahudi,” demikian tertulis dalam pamflet yang tersebar, Selasa, 3 September 2019.

Babe Ridwan sapaan Ridwan Saidi menanggapi seruan aksi tersebut. Ridwan mengaku hanya meluruskan sejarah. “Ini kan pekerjaan intelektual, iya kan, ini pekerjaan intelektual saya hanya meluruskan sejarah,” kata Ridwan.

2. Langit September Diwarnai Dua Hujan Meteor

Langit pada September 2019 diwarnai dua hujan meteor yang bisa disaksikan di wilayah Indonesia. Selain hujan meteor Alpha Aurigids pada awal bulan, masih ada hujan meteor Epsilon Perseid. Ada juga beberapa fenomena langit menarik lainnya dari posisi planet juga penampakan galaksi Bima Sakti.

Penggiat komunitas astronomi Langit Selatan Avivah Yamani mencatat hujan meteor Aurigid atau Alpha Aurigids berlangsung dari 28 Agustus – 5 September. Puncak aktivitasnya pada 1 September pukul 21.00 WIB. Hujan meteor itu tampak datang dari rasi Auriga dengan lesatan 5 -6 meteor setiap jam yang bergerak dengan kecepatan 66 kilometer per jam. Rasi Auriga baru terbit tengah malam yakni pukul 00:16 WIB dari arah timur laut.

Sementara hujan meteor Epsilon Perseid yang juga berasal dari debu komet Swift-Tuttle akan dimulai 5 – 21 September. “Puncaknya 10 September pulul 06.00 WIB,” katanya Rabu, 4 September 2019. Hujan meteor ini tampak datang dari rasi Perseus. Saat puncak menghasilkan lima lesatan setiap jam dengan kecepatan 64 kilometer per jam.

3. Pemerintah Buka Blokir Layanan Data Internet di Papua Bertahap

Pemerintah secara bertahap membuka blokir atas layanan data internet di wilayah Papua dan Papua Barat mulai Rabu, 4 September, 23.00 WIT.

Hal itu dilakukan setelah berkoordinasi dengan instansi penegak hukum dan aparat keamanan, serta mempertimbangkan sudah mulai pulihnya kondisi beberapa kabupaten di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Dalam keterangan tertulisnya, Rabu, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan pembukaan blokir atas layanan data internet dilakukan di 19 kabupaten di Provinsi Papua.

Selain berita terpopuler tentang Raden Fatahillah, Anda bisa membaca berita hari ini seputar sains dan teknologi hanya di kanal Tekno News.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar