Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
img

Galaksi Bima Sakti Pernah Bertabrakan dengan Galaksi Antlia 2

/

Galaksi Bima Sakti Pernah Bertabrakan dengan Galaksi Antlia 2. Tabrakan antar galaksi tampaknya menjadi perbincangan hangat di dunia astronomi.

JAKARTA- Tabrakan antar galaksi tampaknya menjadi perbincangan hangat di dunia astronomi. Bahkan para astronom telah memperkirakan akan terjadi tabrakan antara galaksi bima sakti dan galaksi andromeda.

Ini merupakan dua galaksi besar, sehingga dikhawatirkan memiliki dampak yang besar bagi Bumi. Namun hal tersebut masih belum diketahui secara ilmiah.

Menariknya, baru-baru ini peneliti menemukan bahwa sebelumnya Bima Sakti pernah betabrakan dengan galaksi kerdi yang dijuluki Antlia 2.

Dilansir dari laman Extreme Tech, Kamis (20/6/2019) ilmuwan sebelumnya menemukan Antlia 2 pada akhir 2018 di orbit Bima Sakti. Penemuan itu merupakan objek yang tidak biasa karena kepadatannya yang sangat rendah.

Meskipun ukurannya sama dengan galaksi satelit Awan Magellan Besar, namun sekitar 10.000 kali lebih tersebar. Menurut tim dari Institut Teknologi Rochester, keadaan Antlia 2 saat ini dan riak-riak yang membingungkan di cakram gas hidrogen Bima Sakti dapat dijelaskan dengan tabrakan antara kedua galaksi. Tentu saja, Antlia 2 mendapatkan dampak yang jauh lebih buruk daripada Bimasakti.

Galaksi Bima Sakti pernah bertabrakan dengan galaksi Antlia 2