Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
img

Gempa Bermagnitudo 5,2 di Cilacap hingga Pacitan

/
/

Gempa Bermagnitudo 5,2 di Cilacap hingga Pacitan. Gempa tektonik bermagnitudo 5,2 mengguncang wilayah Cilacap, Sabtu, 29 Juni 2019 pukul 13.47 WIB.

News, Bandung – Gempa tektonik bermagnitudo 5,2 mengguncang wilayah Cilacap, Sabtu, 29 Juni 2019 pukul 13.47 WIB. Titik sumber gempa berada di perairan Samudera Hindia selatan Cilacap. Potensi tsunami nihil.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat episenter atau titik sumber gempa terletak pada koordinat 8,58 LS dan 108,88 BT. “Tepatnya di laut pada jarak 95 km arah selatan Kota Cilacap, Jawa Tengah,” kata Daryono, Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, , Sabtu, 29 Juni 2019.

Sumber gempa berkedalaman 61 km. Penyebab gempa menengah ini akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia. “Slab lempeng yang tersubduksi ini mengalami deformasi atau patahan di zona transisi Megathrust-Benioff,” ujarnya.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini dibangkitkan oleh patahan batuan dengan mekanisme pergerakan kombinasi mendatar-turun (oblique normal). Guncangan gempa ini dilaporkan dirasakan di daerah Cilacap hingga Bantul Yogyakarta dalam skala intensitas II-III MMI, sedangkan Pacitan dan Pangandaran dalam skala intensitas II MMI. “Terasa gempa di Pangandara,” kata Roni seorang warga.

Menurut BMKG Spektrum guncangan gempa ini cukup luas karena hiposenter gempa ini berada di kedalaman menengah. Beberapa warga di Cilacap sempat berlarian keluar rumah karena terkejut guncangan yang terjadi seketika. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa itu.

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar