Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
img

Mendukung 8K, Ini 7 Detail yang Dikonfirmasi Terkait Project Scarlett!

/
/

Mendukung 8K, Ini 7 Detail yang Dikonfirmasi Terkait Project Scarlett!. Diklaim miliki kekuatan berkali-kali lipat dari Xbox One X

Setelah spekulasi yang terus berhembus di internet selama berbulan-bulan, Microsoft akhirnya secara resmi mengungkap konsol terbaru mereka pada E3 2019 beberapa waktu yang lalu. Disebut sebagai Project Scarlett (belum nama final), ini adalah konsol penerus sekaligus suksesor Xbox One, yang nantinya juga akan bersaing dengan Playstation 5 dari Sony.

Sama seperti ketika mengumumkan Xbox One X, Microsoft menggoda gamer dengan informasi sekaligus detail menggiurkan terkait Project Scarlett. Mulai dari dukungan 120fps hingga judul terbaru franchise Halo sebagai launch title, berikut 7 detail yang dikonfirmasi sejauh ini terkait Project Scarlett.

1. Akan sepenuhnya difokuskan untuk gaming

Mendukung 8K, Ini 7 Detail yang Dikonfirmasi Terkait Project Scarlett!

Microsoft tidak tertarik untuk mengulangi dosa mereka di konsol sebelumnya, dengan membuat Project Scarlett sebagai konsol yang sepenuhnya difokuskan untuk video game. Scarlett tidak akan seperti Xbox One yang dibangun sebagai mesin hiburan dengan banyak konten di luar game, melainkan akan diposisikan sebagai mesin gaming hardcore.

Scarlett akan memberikan cara terbaik untuk bermain game bagi para gamer, dan itu bagus. Ini juga menjadi langkah yang cerdas, karena Microsoft akhirnya sadar akan kesalahan mereka dan menegaskan bahwa Xbox berikutnya tidak akan mengulanginya lagi.

2. 15 developer sedang mengerjakan game eksklusif untuk Scarlett

Mendukung 8K, Ini 7 Detail yang Dikonfirmasi Terkait Project Scarlett!

Meski belum sepenuhnya dirilis, nyatanya ada sekitar 15 developer first-party yang saat ini sedang mengerjakan game untuk Scarlett. Microsoft sendiri dalam beberapa tahun terakhir memang gemar membeli sejumlah developer terkenal seperti Ninja Theory, Obsidian dan yang terbaru di E3 kemarin, Double Fine.

Ini menjadi langkah Microsoft untuk bersaing dengan Sony di sektor game eksklusif, yang mana selama ini mereka selalu kalah telak. Sejumlah 15 developer yang Microsoft miliki saat ini, diharapkan dapat memberikan banyak judul baru yang tidak hanya mengesankan, namun juga mampu memaksimalkan potensi Scarlett.

3. Dibekali dengan SSD khusus dan prosessor dari AMD

Mendukung 8K, Ini 7 Detail yang Dikonfirmasi Terkait Project Scarlett!

Tidak hanya Sony, Microsoft juga bekerja sama dengan AMD dan menyebut bahwa Xbox berikutnya alias Scarlett akan dilengkapi dengan prosessor berarsitektur Zen 2 dan Radeon RDNA dari AMD, serta akan menggunakan SSD yang dibuat secara khusus sebagai jenis penyimpanan utamanya. Penggunaan SSD tentunya akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap performa Scarlett, dengan waktu loading yang lebih cepat, dunia yang lebih mulus dan detail visual yang lebih kaya. Dengan ini, developer bisa jadi leluasa untuk menjejalkan kemampuan visual mereka ke dalam berbagai game Scarlett.

4. Empat kali lebih kuat dari Xbox One X

Mendukung 8K, Ini 7 Detail yang Dikonfirmasi Terkait Project Scarlett!

Microsoft menyebut bahwa Scarlett akan empat kali lebih kuat dari Xbox One X, yang notabene merupakan salah satu konsol terkuat saat ini. Tenaga yang dimiliki Scarlett, tidak hanya akan meningkatkan kinerja tentang bagaimana kode dari game ditranslasikan ke dalam layar saja, namun juga akan memungkinkan evolusi di sektor visual.

Ray tracing menjadi salah satu efek visual yang disinggung oleh Microsoft dan dikonfirmasi akan hadir di Scarlett. Microsoft berkali-kali mengatakan bahwa Xbox berikutnya akan menghadirkan realisme tingkat tinggi, dan ray tracing akan membantu merealisasikan hal itu.

5. Dukungan resolusi 8K dan 120fps

Mendukung 8K, Ini 7 Detail yang Dikonfirmasi Terkait Project Scarlett!

Sementara kebanyakan konsol saat ini hampir belum mendukung resolusi 1080p di 60fps yang stabil, Xbox berikutnya dikonfirmasi akan mendukung resolusi 8K dan framerate gameplay hingga 120fps. Microsoft sendiri nampaknya berusaha untuk menjembatani kesenjangan antara gamer konsol dan PC, yang selalu terpisah karena perbedaan batasan dari spesifikasi hardware. Namun, ada masalah dari apa yang dikonfirmasi oleh Microsoft ini, seperti fakta bahwa sejauh ini, baru TV beresolusi 4K saja yang digunakan secara luas dan belum banyak di antaranya yang mendukung 120fps.

6. Halo: Infinite akan menjadi game pertama untuk Scarlett

Mendukung 8K, Ini 7 Detail yang Dikonfirmasi Terkait Project Scarlett!

Berbeda dengan Sony yang belum mengungkap game pertama untuk konsol terbarunya, Microsoft pada E3 beberapa waktu yang lalu, mengonfirmasi bahwa Halo: Infinite akan menjadi launch title atau game pertama untuk Xbox berikutnya. Melalui ini, Microsoft ingin mengulangi trik yang sama yang mereka lakukan ketika merilis Xbox pertama dan menjadi Halo: Combat Evolved sebagai launch title. Sekalipun nantinya Halo: Infinite tidak begitu luar biasa, merilisnya sebagai game pertama konsol terbaru, akan memberikan daya tarik tersendiri terutama di mata penggemar.

7. Dirilis pada musim liburan 2020

Mendukung 8K, Ini 7 Detail yang Dikonfirmasi Terkait Project Scarlett!

Bersamaan dengan pengumuman fitur dan apa yang akan dibawa oleh Scarlett, Microsoft juga mengumumkan bahwa konsol next-gen terbaru mereka akan dirilis pada musim liburan di tahun 2020. Microsoft mengatakan bahwa mereka ingin transisi ke konsol generasi berikutnya berjalan lebih lancar dari sebelumnya, dan berusaha untuk membuat konsol saat ini agar tetap relevan untuk waktu yang lebih lama. Tak hanya Microsoft dengan Scarlett-nya saja, Sony dengan Playstation 5-nya juga diperkirakan akan ‘lahir’ dan menyapa gamer pada tahun 2020 mendatang.

Itulah tadi sedikit informasi menarik mengenai beberapa detail yang dikonfirmasi terkait Xbox Scarlett. Kamu sendiri termasuk ke dalam tim yang mana? tim Xbox atau tim Playstation?

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar