Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :
img

Tips Teknologi: 5 Hal Ini Perlu Diketahui Pengguna WhatsApp

/
/

Tips Teknologi: 5 Hal Ini Perlu Diketahui Pengguna WhatsApp. Tips ini untuk mengingat kembali sejumlah fitur di aplikasi WhatsApp, misalnya bagaimana cara mengunduh status sampai memformat teks.

News, Jakarta – Tips teknologi kali ini Tempo membahas tentang hal-hal yang jarang diketahui pengguna aplikasi pesan WhatsApp. Salah satu aplikasi terpopuler ini digunakan 1,5 miliar orang di seluruh dunia.

Meskipun hampir tiap saat menggunakan, masih banyak pemakai kurang memahami aplikasi besutan Facebook itu. Misalnya bagaimana cara mengunduh status WhatsApp, bahkan WhatsApp juga bisa membuat memori penuh. Berikut beberapa cara memaksimalkan fungsi WhatsApp yang harus Anda coba:

1. Unduh Status WhatsApp

Mirip dengan Cerita Instagram, WhatsApp menghadirkan pengguna untuk memposting video atau gambar di fitur Status. Tapi tahukah Anda bahwa Status teman Anda baik video atau pun gambar dapat diunduh dari umpan Status?

Salah satu cara termudah adalah mengunduh dan menginstal aplikasi pihak ketiga yang disebut Pengunduh status. Aplikasi unduh gratis di Play Store ini memungkinkan Anda untuk mengunduh gambar dan video.

Aplikasi itu akan secara otomatis memindai foto Status yang Anda lihat di ponsel dan memungkinkan Anda untuk mengunduh dan memposting ulang. Cara lain adalah mengunduh aplikasi Files. Saat bekerja dengan Google Files, Anda juga dapat mengunduh aplikasi ES File Explorer.

Caranya cukup ketuk Status apa pun dan biarkan foto dimuat sepenuhnya. Untuk melihatnya, Anda bisa membuka aplikasi File dan buka WhatsApp, pilih media dan ketuk Status. Anda harus mengaktifkan “tampilkan file tersembunyi” di aplikasi.

2. Cek kontak WhatsApp yang bikin memori penuh

Kontak atau grup mana yang paling banyak mengirimi Anda gambar dan video? Hal itu bisa membuat memori penyimpanan Anda penuh. Untuk mengetahuinya, cukup buka WhatsApp, lalu pilih Pengaturan, kemudian buka Penggunaan data dan penyimpanan, ketuk Penggunaan penyimpanan.

Setelah halaman terbuka, Anda akan melihat daftar kontak termasuk grup yang menghabiskan ruang penyimpanan Anda. Daftar ini diatur secara kronologis berdasarkan volume (MB atau GB).

3. Jadikan data WhatsApp ramah

WhatsApp menawarkan banyak fitur untuk mengoptimalkan platform dalam situasi yang secara otomatis menyimpan segala file. Pertama, Anda dapat menonaktifkan unduhan otomatis media.

Caranya, cukup pilih Pengaturan, lalu Buka Data dan penggunaan penyimpanan, setelah itu ketuk opsi-opsi seperti media unduh otomatis saat menggunakan data seluler atau saat terhubung pada Wi-Fi. Anda juga bisa mengaktifkan penggunaan data yang rendah saat melakukan panggilan WhatsApp.

4. Dengar pesan suara secara diam-diam

Tidak punya headphone untuk memeriksa pesan suara yang baru saja Anda terima? Cukup ketuk tombol putar pesan suara dan pegang telepon seperti yang akan Anda lakukan saat melakukan panggilan.

WhatsApp secara akan otomatis berhenti menggunakan speaker untuk memutar pesan dan sebaliknya memutarnya melalui lubang suara ponsel.

5. Memformat teks

Anda juga dapat menyesuaikan pemformatan teks WhatsApp. Meskipun ada banyak aplikasi pihak ketiga yang mengubah warna dan gaya font, Anda juga dapat menggunakan beberapa perintah dasar untuk memformat.

Untuk mengirim pesan WhatsApp dalam huruf tebal, bisa ketikkan *contoh*. Untuk cetak miring, coba _example_. Sedangkan untuk teks yang dicoret, ketik ~example~.

HINDUSTANTIMES | WABETAINFO 

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar