Mengenal Perbedaan Reach dan Impression: Mana yang Lebih Didahulukan?

Banyak istilah yang ada dalam dunia digital marketing dan Anda harus memahaminya dengan baik. Untuk pebisnis pemula banyak yang mempertanyakan perbedaan reach dan impression. Kedua istilah tersebut memiliki hubungan erat, sebab berkaitan dengan metrik di media sosial. 

Apa Perbedaan Reach dan Impression?

Saat melihat hasil pengukuran data metrik penggunaan strategi digital marketing, terkadang pemilik bisnis dibingungkan istilah reach dan impression. Untuk memudahkan memahaminya, perhatikan pengertian dan perbedaannya berikut ini:

  • Apa Itu Reach

Reach artinya matrik yang berbeda dengan impression pada media sosial, namun seringkali dianggap sama. Sejatinya perbedaan keduanya akan mempengaruhi performa konten serta strategi yang dijalankan. Pada dasarnya reach akan mengukur jumlah audiens yang telah melihat konten Anda.

Jika suatu iklan atau konten totalnya 100, maka konten tersebut disaksikan oleh 100 orang. Total reach tidak akan bertambah walaupun dilihat orang yang sama lebih dari satu kali. Hal ini menegaskan bahwa angka reach hanya akan menghitung berapa banyak orang yang melihat bukan dari berapa kali iklan ditayangkan.

  • Impression Adalah

Berbeda dengan reach, impression adalah metrik yang mengukur jumlah tayangan sebuah konten. Misalnya jika impression menunjukkan angka 100, maka konten tersebut telah tayang 100 kali di layar audiens. Jika Anda perhatikan laporan analisis dari media sosial, maka angka impression akan lebih sedikit dibandingkan reach.

Perbedaan reach dan impression tersebut bisa terjadi karena tidak semua tayangan konten muncul pada target audiens yang selalu melihatnya.

Manakah yang Lebih Penting, Impression atau Reach?

Pada dasarnya dalam strategi marketing digital, baik impression maupun reach memiliki fungsi sama, yaitu menunjukkan jangkauan konten. Adanya dua metrix tersebut, maka marketer dapat mengukur tingkat brand awareness terhadap merk yang diiklankan. Namun, patut diingat bahwa keduanya memiliki aktivitas berbeda.

Sementara itu, jika ingin mengetahui bahwa konten bisa diterima, maka Anda bisa memfokuskan pada reach. Sebab, angka pada reach akan membantu mengetahui apakah ada kesalahan dengan konten yang diiklankan. Sementara itu jika ingin melacak iklan dari waktu ke waktu, maka Anda harus memperhatikan impression.

Hal yang penting dipahami setelah melihat perbedaan reach dan impression yaitu Anda bisa mulai membangun sosial media engagement. Sebab untuk menilai bagus tidaknya sebuah konten akan terlihat pada engagement yang dihasilkan.

Web development Boleh Dicoba Digital (BDD) memiliki beragam layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Salah satunya yaitu membuat tampilan web lebih menarik. Selain itu, telah lebih dari 50 brand yang bekerjasama. 

Untuk mendukung engagement, maka Anda perlu memilih jasa agensi digital marketing Boleh Dicoba Digital BDD. Boleh Dicoba Digital (BDD) menawarkan layanan yang lengkap untuk para wirausahawan yang ingin mengembangkan bisnisnya. 

Memahami perbedaan reach dan impression akan membantu pemilik bisnis untuk menilai apakah kontennya berhasil melambungkan nama brand. Selain itu, pemilik bisnis mampu membuat perbaikan konten mana saja yang perlu diperbaiki. Jika ingin bantuan profesional, Anda bisa menggunakan jasa layanan agensi digital marketing.